Major Heinz-Wolfgang Schnaufer

Rate This
Major Heinz-Wolfgang Schnaufer

Tak semua ace Luftwaffe meraih sukses disiang hari dan di atas pesawat pemburu bermesin tunggal. Adalah Major Heinz-Wolfgang Schnaufer, orang yang mampu menyulap pemburu bermesin ganda Messerschmitt Bf 110 jadi mesin perang mematikan di malam hari. Satuan pemburu malam alias Nachtjager. begitulah Luftwaffe biasa menyebutnya. Lahir di Stuttgart, 16 Februari 1922, Schnaufer bergabung dengan AU Nazi pada November 1939. Selanjutnya ia ditempatkan di II/NJG 1. Upaya menjatuhkan pesawat lawan baru berhasil dilakukan Juni 1942.

Di antara rekannya Schnaufer digolongkan sebagai slow starter. Ini bisa dibuktikan dari grafik skor pesawat lawan yang berhasil dirontokkan. Diakhir 1942 ia hanya bisa meraih angkatujuh pesawat lawan. Kemudian Desember 1943 jumlah tadi meningkat jadi 42 pesawat. Selanjutnya prestasi menembak jatuh pesawat lawan yang ke 100 dirayakan 9 Oktober 1944.

Kesuksesan paling besar diraih Schnaufer terjadi pada 21 Februari 1945. Saat itu ada 10 pesawat pembom RAF berhasil dibantainya. Hingga akhir perang Schnaufer mampu mengantongi total 121 pesawat lawan. Tak seperti pilot jagoan Luftwaffe umumnya. usai perang Major Heinz-Wolfgang Schnaufer memilih hidup sebagai juragan wine ketimbang kembali menggeluti dunia dirgantara. la meninggal dalam sebuah kecelakaan lalulintas di selatan Bordeaux. Prancis, Juli 1950

Tinggalkan komentar